Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Diketahui Pemula

Sudah tahu bagaimana teknik dasar bola basket? Dari sekian banyaknya jenis olahraga yang ada, bola basket memang menjadi salah satu olahraga yang sangat popular di dunia. Bahkan di Indonesia, jenis olahraga inipun juga mempunyai banyak peminat. Bahkan saking sukanya, tidak sedikit dari masyarakat memasang ring basket agar bisa bermain bola basket tersebut.

Bola basket ini sendiri merupakan olahraga berkelompok yang terdiri dari dua tim dan masing-masing tim ternyata terdiri dari lima orang. Nah, adapun tujuannya adalah untuk saling bertanding buat memperoleh poin dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan sebanyak-banyaknya.

Karena saking populernya itulah, tidak sedikit pula kompetisi bola basket digelar setiap tahunnya seperti National basketball Association (NBA) di Amerika Serikat ataupun Indonesia Basketball League di tanah air. Olahraga inipun dapat dilakukan di lapangan terbuka maupun tertutup dengan standar internasional yakni empat babak setiap 10 menit sekali dan jeda waktu istirahat juga 10 menit.

Teknik dasar bola basket

Teknik Dasar Bola Basket

Olahraga yang diperkirakan sudah ada pada tahun 1891-an ini memang menjadi salah satu olahraga yang tidak boleh anda lewatkan didalamnya. Jika anda tertarik buat memainkan bola basket, tentu ada banyak hal yang harus diketahui bukan. Salah satunya adalah teknik dasar bola basket itu sendiri. Daripada penasaran, berikut ini teknik-teknik dasar didalamnya.

1. Teknik passing

Teknik passing atau mengoper bola menjadi teknik pertama yang wajib diketahui. Mengingat didalam bola basket harus dimainkan dengan mengandalkan kerja sama. Semakin handal dan professional d alam mengoper bola ke teman di satu tim, tentu peluang buat memperoleh kemenangan ternyata jauh lebih mudah.

Passing yang terbaik biasanya dilakukan dengan cepat, terarah, dan tidak terlalu keras. Perlu diingat apabila melakukan passing yang terlalu keras ternyata hanya akan menyulitkan tim sendiri buat menangkapnya. Passing inipun dibagi menjadi beberapa tipe seperti chest pass, over head pass, bounce pass, bass ball pass serta hook pass.

2. Teknik Catching

Selain teknik passing, teknik catching inipun juga wajib untuk diketahui. Pastikan anda tidak pernah lupa buat menguasai teknik menangkap bola satu ini. Dengan menguasai teknik menangkap bola, maka anda bisa lebih siap dan sigap apabila terdapat pemain yang mengoper bola kearah anda.

Menangkap bola inipun dapat dilakukan dengan menggunakan satu dan dua tangan. Pastikan apabila tangan dalam kondisi yang rileks ketika sedang bersiap-siap menangkap bola. Jangan sampai lupa buat memperhatikan arah datangnya bola.

3. Teknik dribbling

Adapun teknik dasar bola basket yang berikutnya adalah dribbiling atau menggiring bola. Tidak hanya digunakan dalam sepak bola, istilah inipun ternyata akan anda sering dengar dalam dunia bola baske.

Semakin bagus teknik dribbling yang dikuasai tentu akan membuat anda bisa mengecoh lawan untuk menyiapkan aksi penyerangan. Agar tubuh anda lebih nyaman ketika melakukan dribbling, pastikan berdiri sedikit condong kearah depan.

4. Teknik shooting

Dikenal dengan menembak bola, teknik shooting inipun juga wajib untuk anda pelajari dengan baik. Dengan menguasai teknik inilah maka akan memberikan kemudahan dalam menembak bola basket kearah ring dan membuat poin bertambah.

Timing ternyata juga menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam melakukan shooting. Agar bisa melakukan shooting dengan baik, maka bisa melakukan latihan secara rutin. Biasanya semakin jauh melakukan shooting maka poinnya akan bertambah.

Bola basket menjadi salah satu cabang olahraga yang mempunyai penggemar tidak sedikit didalamnya. Untuk anda yang ingin memainkannya, pastikan anda memahami teknik dasar bola basket terlebih dahulu.