Jangan Salah Memilih Tempat Jual Skincare! Lakukan Hal Ini Terlebih Dahulu

Para wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah skincare. Produk ini seakan menjadi sebuah kebutuhan yang baru agar selalu memiliki wajah yang sehat dan cerah. Saat ini mungkin banyak sekali tempat jual skincare yang ada. Namun, tidak sedikit yang menjual dengan kualitas tidak cukup bagus. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini sebelum membeli skincare agar hasilnya tidak mengecewakan.

Tips Sebelum Membeli Skincare

1. Sesuaikan skincare dengan jenis kulit

Setiap orang memiliki jenis dan karakter kulit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, skincare yang cocok pun berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Ada yang membutuhkan skincare dengan frekuensi cukup sering dan ada kulit yang tidak boleh terlalu sering menggunakan skincare.

Kulit dengan karakter berminyak mempunyai beberapa kelebihan, yakni tidak mudah keriput. Akan tetapi, pemilik jenis kulit ini cukup rentan terhadap berbagai masalah kulit seperti jerawat, pori-pori besar, dan komedo. Skincare yang tepat untuk kulit berminyak adalah skincare dengan kandungan minyak yang tidak terlalu banyak.

Jenis kulit kusam lebih memiliki cara perawatan yang lebih mudah daripada jenis kulit berminyak. Namun, pemilik jenis kulit ini harus sering menggunakan tabir surya jika harus beraktivitas di luar rumah. Skincare yang cocok untuk jenis kulit ini adalah skincare yang mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan lembap.

Untuk jenis kulit kering, skincare yang cocok untuk digunakan adalah yang mampu melembapkan. Salah satu bahan yang harus ada adalah hydrating toner untuk mengatasi kulit yang kering. Sebagai catatan, pemilik kulit kering wajib menghindari skincare dengan bahan alkohol karena bahan ini justru akan menyerap air pada wajah.

Terakhir, kulit sensitif adalah kulit yang mudah bereaksi ketika terjadi kontak dengan zat-zat kimia. Jika kulit Anda termasuk ke dalam jenis ini, pilih skincare dengan bahan-bahan alami. Hindari menggunakan skincare dengan bahan dasar alkohol.

2. Perhatikan komposisi produk

Hal ini jarang dilakukan oleh kebanyakan orang karena mereka cenderung asal membeli skincare saja. Padahal mengamati komposisi produk sangat penting agar tidak terjadi iritasi atau alergi terhadap kulit Anda. Perhatikan apakah skincare tersebut mengandung bahan yang merupakan pantangan dari kulit Anda atau bukan. Jika kulit Anda adalah jenis kulit kering, jangan sampai menggunakan skincare yang memiliki kandungan alkohol.

3. Menyesuaikan dengan kebutuhan kulit

Alasan seseorang menggunakan skincare berbeda-beda. Ada yang menggunakan skincare untuk sekadar memutihkan dan menyehatkan wajah. Ada pula yang bertujuan untuk menghilangkan jerawat, mengatasi minyak berlebih, dan lain-lain. Oleh sebab itu, sebelum memilih produk skincare, sebaiknya cek terlebih dahulu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulit Anda.

4. Memperhatikan expired date

Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus benar-benar dilakukan. Biasanya produk-produk perawatan seperti skincare memiliki expired date berdasarkan dari pertama kali dibuka kemasannya. Rata-rata skincare mempunyai masa pakai 12 hingga 24 bulan. Jadi, sebaiknya pastikan skincare yang Anda beli benar-benar baru dan segera tinggalkan ketika memasuki 3 bulan terakhir dari masa kedaluwarsa.

5. Memiliki izin BPOM

Perhatikan pada kemasan skincare yang hendak Anda beli. Cek apakah terdapat tanda izin edar dari BPOM. Jika tidak ada, langsung saja tinggalkan meskipun penjual melakukan pembelaan menggunakan bahan yang aman. Kita tidak benar-benar tahu apakah bahan yang digunakan aman atau tidak jika belum memiliki izin dari BPOM.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda bisa memilih skincare yang tepat dan akan mendapatkan hasil yang tepat pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

Makanan yang Harus Dihindari Agar Awet Muda

Setiap orang memang ingin tampak selalu awet muda agar tetap terlihat tampan dan juga cantik ketika bertemu atau sedang menghadiri…