Istilah yang Perlu Diketahui Saat Membeli Mobil Baru Secara Kredit

Toyota Innova merupakan salah satu mobil keluarga yang sangat disukai. Oleh sebab itu, berapa dealer banyak yang menawarkan promo Innova kepada masyarakat untuk mengakomodasi tingginya permintaan. Biasanya, promo semacam ini cukup singkat sehingga Anda yang berminat harus cepat-cepat mengambilnya.

Deretan kata yang perlu diingat

Ketika Anda membeli mobil baru secara kredit tentu Anda akan dihadapkan pada berbagai urusan administratif. Oleh karena itu, Anda akan sering mendengar berbagai istilah di bawah ini.

promo innova

1. Uang jadi/booking fee

Booking fee atau yang lebih dikenal dengan sebutan uang tanda jadi merupakan bentuk keseriusan konsumen ketika membeli kendaraan. Istilah ini biasa digunakan untuk pembelian mobil yang masih dalam pre-order. Nominal booking fee bervariasi.namun, biasanya berkisar antara Rp 5-10 juta yang dibayarkan secara langsung kepada dealer ataupun lewat transfer.

2. Surat Pemeriksa Kendaraan (SPK)

Jika membeli mobil dengan cara kredit maka selanjutnya Anda akan menerima Surat Pemeriksa Kendaraan (SPK). Surat ini merupakan dokumen penting yang diberikan pada pembeli dengan sistem kredit. Degan dokumen ini maka artinya pembayaran tagihan sudah dimulai. Isi SPK sendiri sebenarnya biasa saja yaitu identitas pembeli serta info kendaraan yang dibelinya.

3. Uang muka/ down payment

Istilah ini merupakan yang paling sering didengar masyarakat. Uang muka sendiri berarti pembayaran cicilan pertama yang dibayarkan oleh pembeli berdasarkan kesepakatan yang dibuat pihak dealer dan pembeli. Nominal uang yang harus dibayarkan sebagai uang muka cukup besar. Rata-rata mencapai 25-30 persen dari harga jual mobil yang dibeli.

Meskipun syarat uang muka cukup besar tapi banyak dealer yang memberikan diskon atau promo khusus kepada para pembeli. Sebagai contoh adalah promo Innova terbaru yang menawarkan berbagai keringanan DP kepada pembeli baru. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk bertanya pada pihak dealer tentang promo apa saja yang tengah mereka tawarkan.

4. Total down payment (TDP)

Meski terdengar sama tapi TDP sedikit berbeda dengan DP. TDP merupakan uang muka yang ditambah dengan beberapa biaya tambahan seperti asuransi, angsuran awal serta biaya jasa kredit. Untuk jumlahnya, TDP sendiri ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak leasing atau bank yang memberikan kredit dengan pembeli.

5. Leasing

Leasing merupakan pihak ketiga atau perusahaan menyediakan pembiayaan kendaraan secara resmi. Lembaga ini akan membantu Anda untuk membeli kendaraan impian secara kredit. Oleh sebab itu, pastikan memilih leasing yang bagus. Leasing yang benar-benar terpercaya biasanya telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Harga On The Road (OTR) dan Off The Road

Istilah On The Road biasanya merujuk pada harga kendaraan lengkap dengan biaya pengurusan STNK dan BPKB. Oleh karena itu, Anda hanya tinggal menerima kunci mobil saja ketika membeli dengan harga On The Road. Sementara itu, Off The Road mengacu pada harga kendaraan tanpa biaya pembuatan kedua dokumen tersebut.

7. Asuransi all risk

Asuransi ini juga dikenal dengan sebutan comprehensive. Jika Anda memilih asuransi ini maka ketika mobil Anda mengalami kerusakan akibat kesalahan yang tidak disengaja di jalanan maka Anda akan mendapatkan ganti rugi. Selain itu, asuransi ini juga memberikan ganti rugi yang disebabkan oleh tindak kejahatan serta menanggung biaya mobil derek.

8. Asuransi Total Loss Only

Berbeda dengan asuransi all risk, asuransi ini hanya akan memberikan ganti rugi jika mobil mengalami kerusakan hingga lebih dari 75%. Oleh sebab itu, perhatikan perbedaan kedua asuransi tersebut agar Anda tidak salah klaim asuransi ketika mengalami kecelakaan.

Perlukah mengambil asuransi banjir?

Selain kedua jenis asuransi yang telah disebutkan sebelumnya, sebenarnya ada satu lagi jenis asuransi yang kerap diambil oleh pemilik mobil yaitu asuransi banjir. Sesuai namanya, asuransi ini akan memberikan ganti rugi ketika mobil mengalami kerusakan akibat banjir.

Hal ini tentu saja akan sangat membantu pemilik mobil yang berada di daerah rawan banjir seperti Jakarta. Sebab, meskipun Innova bisa dikatakan cukup tahan terhadap banjir namun mobil ini tentu membutuhkan perlindungan ekstra mengingat banjir di Jakarta sudah sangat parah.

Meskipun asuransi ini cukup berguna bagi pemilik Innova namun asuransi ini jarang ditawarkan oleh pihak dealer. Jika asuransi mobil kebanyakan ditawarkan melalui promo Innova Jakarta tapi asuransi ini justru banyak ditawarkan oleh pihak bank secara langsung. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik maka sebaiknya segera menghubungi bank tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

Review Lengkap Honda Brio RS yang Membuat Laris di Pasaran

Berbicara tentang mobil yang stylish dengan performa yang mengagumkan pasti tidak akan terlepas dari Honda Brio RS. Harga mobil Brio…