Fitur Smartphone Android yang Kadang Tidak Dimanfaatkan

Hampir sepanjang hari kita menghabiskan waktunya dengan menggunakan smartphone, apalagi pekerjaannya yang memang membutuhkan smartphone. Karena semakin banyak yang membutuhkannya, tidak heran para developer meningkatkan fungsinya dengan menghadirkan beragam fitur serta aplikasi agar bisa mendukung keperluan penggunanya.

Statistik pemakaian aplikasi

Tidak jarang kita menggunakan smartphone untuk membuka berbagai macam aplikasi tanpa kita sadari sudah berapa lama kita memakainya. Mungkin menurut Anda aplikasi tersebut dibuka hanya sebentar saja, tapi kenyataannya belum tentu benar. Anda bisa mengeceknya melalui statistik yang sudah tersedia pada smartphone Anda.

Pada umumnya statistik tersebut berada di menu Setting, lalu pilih opsi Battery. Di sana terdapat statistik berapa besar baterai yang sudah termakan selama menggunakan aplikasi tersebut. Anda yang ingin lebih jelasnya, bisa menambahkan aplikasi tambahan lain, seperti Instan.

Ketujtuh fitur rahasia di atas jangan sampai Anda lewatkan, karena bisa berguna bagi kebutuhan sewaktu-waktu. Dari penjelasan di atas sudah tahu, kan kalau fungsi smartphone tidak hanya sekedar berkirim pesan, telepon, atau bermain game?

Developer Menu

Sebagian besar pengguna smartphone Android kurang jeli mengutak-atik menu-menu di dalamnya. Mereka kebanyakan hanya membuka menu yang sudah ada, karena dirasa sudah lengkap. Padahal, kalau Anda jeli dan berani mencoba-coba membuka menu lainnya, pasti akan muncul fitur tersembunyi yang memang sengaja tidak langsung ditampilkan.

Salah satu fitur tersembunyi itu adalah Developer Menu. Menu yang satu ini memang tidak diperlihatkan di opsi pengaturannya, karena Anda harus melakukan suatu aktivitas terlebih dahulu untuk mengaktifkannya. Caranya sangat mudah. Anda buka saja menu Settings, lalu cari pilihan About the phone. Cari opsi Baseband version dan klik terus menerus sampai muncul notifikasi menu developernya sudah aktif.

Dengan mengaktifkan Developer Menu, Anda bisa melakukan pengaturan yang tidak ada di menu Settings pada umumnya. Fitur ini memang secara khusus menyediakan berbagai macam pengaturan developer yang lebih rinci, seperti USB Debugging, mengklarifikasi aplikasi yang tersambung pada USB, pengaturan networking, pengaturan animasi layar, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POST

Kamera Vlog Masih Rekomended di Tahun 2021

Vlog merupakan video dokumentasi yang disebarluaskan di interne atau dunia maya, berisi tentang aktivitas hidup, pemikiran-pemikiran tertentu, opini, dan lain-lain.…

Rekomendasi Kamera Vlog yang Bagus dan Murah

Jika anda ingin membuat video vlog dengan kualitas bagus hingga menarik banyak perhatian orang, lebih baik anda menggunakan kamera yang…

Jenis-jenis Kamera Vlog Paling Cocok untuk Vloggers!

Media sosial sekarang ini tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan via text saja, namun sekarang ini seiring dengan berkembangnya era…

Rekomendasi Gadget Murah yang Tidak Kalah Saing

Perkembangan teknologi dibuktikan dengan banyaknya merek-merek gadget yang hampir tiap bulan rilis di pasaran khususnya di Indonesia. Bahkan jika merek…